Powered By Blogger

Jumat, 11 Maret 2011

Proses Konsultasi Online

Lalu bagaimana proses KONSULTASI ONLINE ini?

1. Media yang digunakan cukup familiar yaitu berupa Yahoo Messenger. Kenapa YM??? karena YM sudah bersifat global dan rata-rata orang Indonesia mampu menggunakan fasilitas ini baik melalui warnet, Blackberry, handphone pada umumnya dan internet rumahan.

2. Kerahasiaan data diri klien adalah hal yang penting demi menjaga obyektivitas penilaian dalam konseling. Jadi konselor tidak akan meminta data diri klien selain nama samaran, usia dan jenis kelamin. Karena selebihnya menjadi privasi klien dalam melakukan proses konseling. Konsultasi online ini akan menjamin bahwa klien bisa sebebas-bebasnya menceritakan masalah yang dihadapi tanpa ketakutan diketahui jati diri aslinya.
   Pada beberapa kasus, klien tidak bisa terbuka karena merasa data dirinya diketahui penuh oleh konsultan sehingga merasa canggung dan malu untuk berterus-terang mengenai dirinya.
   Karena itu tahap observasi secara langsung (tatap muka) yang biasanya HARUS ADA selama masa konseling akan dihilangkan sebagai alternatif baru untuk menjaga obyektivitas.


3. Konsultan/konselor sifatnya tidak terikat oleh perusahaan atau instansi apapun sehingga penilaian dan bantuan yang diberikan kepada klien dikukur sendiri hasilnya oleh kepuasan klien berupa TESTIMONI.
Dimana testimoni ini wajib diberikan klien di akhir sesi konseling agar konsultan/konselor mendapat feedback apakah proses konseling yang telah dilakukan mampu memberi dampak positif kepada klien atau tidak.

4. Konsultan/konselor bersama-sama dengan klien akan membuat komitmen berapa lama proses konseling tersebut akan berlangsung dan kapan saja waktu yang disepakati untuk bisa melakukan konseling.
Misal jam kerja konselor adalah mulai jam 6 pagi - 10 siang, jam 1 siang - 4 sore, dan jam 8 malam - jam 12 malam. Maka klien bs membuat janji melalukan konseling ketika awal mendaftar di antara waktu tersebut yang sekiranya sama-sama luang dan bisa fokus melakukan konseling.

5. Klien ketika awal mendaftar akan menetapkan APA NAMA SAMARAN yang akan dipakai, URAIAN SINGKAT MASALAH YANG DIHADAPI, dan terakhir BERAPA USIA KLIEN SAAT PERISTIWA ITU TERJADI. 3 hal tersebut penting sebagai acuan analisa masalah sesuai dengan jenjang usia klien.



Apakah KONSULTASI ONLINE ini gratis???

1. Konsultasi online ini adalah sebuah pekerjaan dan sekaligus akan menjadi sebuah profesi. Sama seperti halnya psikolog/psikiater yang membuka praktik di rumah. Tetapi bedanya ini adalah sebuah konseling bukan terapi dimana konsultan/konselor adalah orang yang dipercaya oleh klien berdasarkan pengalaman dan keahliannya dalam bidang tertentu, bukan berdasarkan jenjang akademis yang ditempuh.
   Konsultan/konselor disini tidak hanya mendasarkan teori sebagai solusi karena teori sosial itu sifatnya dinamis, bisa berubah-ubah sesuai kondisi dan masanya. Jadi lebih condong kepada pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain yang sukses dalam menangani kasus tertentu dalam kehidupan nyata untuk di-share dan di-discuss dengan klien sesuai dengan topik masalahnya.

2. Biaya untuk melakukan proses konsultasi online pasti ada. Mengapa??? karena konsultan/konselor juga manusia biasa yang umumnya memiliki pekerjaan untuk mencari nafkah. Demi membantu klien maka SEBAGIAN BESAR waktu konselor akan dicurahkan untuk menangani konsultasi secara online yang artinya nantinya tidak dapat lagi melakukan pekerjaan selain konsultasi online. Konsultasi online ini akan menjadi pekerjaan utama konselor dengan harapan bisa fokus dalam membantu klien menemukan solusi.
   Selain itu untuk bisa melakukan konsultasi online, pastinya konsultan/konselor membutuhkan biaya untuk internet - listrik - alat ukur psikologi (jika diperlukan) - dan biaya lainnya yang tidak terduga. Karena itu konsultasi online ini akan berbayar.

3. Berbeda dengan psikolog/psikiater, biaya yang dikeluarkan klien untuk berkonsultasi secara online adalah lebih terjangkau dan murah.
Kenapa???
   *Konseling secara online dan REAL-TIME artinya proses konseling ini tidak membutuhkan tempat (sewa tempat atau membeli suasana) layaknya konseling secara offline. Cukup menggunakan media YM yang bisa diakses dimana saja dan tidak dibebani "BIAYA LAIN" selain biaya konsultasi per-jam. Biaya ini tidak ditentukan SEMAU KONSELOR, tetapi lebih kepada asas MANFAAT untuk klien. Masalah yang bisa 1jam selesai kenapa harus dibebani 2jam??? Kan ada testimoni juga untuk mengukur seberapa cepat dan akurat kerja dari si konsultan/konselor ini. Makin lama kerjanya ya makin jelek reputasinya :D
   *Klien tidak dibebani biaya transportasi tertentu untuk menuju lokasi konseling karena meski hanya online tp REAL-TIME, dimana klien bisa menentukan kapan waktu (selama masih dalam batas jam kerja konselor 12jam sehari) dan dimana saja lokasi yang dianggap nyaman untuk berkonsultasi

4. Setelah berkembang maka wadah konsultasi online ini akan merekrut STAF atau employee.
Artinya ini adalah lapangan pekerjaan baru di Indonesia bagi siapa saja yang KOMPETEN untuk bergabung dengan kami sebagai konsultan. Jadi ini merupakan celah yang dapat ditangkap sebagai upaya mengurangi jumlah pengangguran yang ternyata BERKOMPETENSI TINGGI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar